-->

Makna Dibalik Lagu: Lewis Capaldi Before You Go

Lagu "Before You Go," terdengar punya lirik seumpama wacana perpisahan (perpisahan cinta, perpisahan teman, perpisahan keluarga), tetapi Lewis menyampaikan bahwa lagu ini punya makna yang sungguh serius dikehidupan pribadinya. Diwawancarai oleh Apple Music's Beats 1, Lewis menerangkan “It's about suicide. When I was five or six...my aunt committed suicide and I just remember recently speaking to my mom about her feelings,...not necessarily the act of it, but, like, after it happens, the aftermath of it. And...people kind of blaming themselves or starting to think, you know, 'What could I have done to kinda help that person?' or whatever."

 

Dari wawancara tersebut, Lewis memaknai bahwa bagi dirinya sendiri, lagu ini bernuansa wacana bunuh diri. lagu ini menceritakan bahwa di saat Lewis berumur 5-6 tahun, bibi-nya bunuh diri. bibinya bunuh diri diri alasannya merasa banyak beban dan rasa sakit yang ditanggungnya, tetapi sayangnya bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu terhadap Lewis dan keluarganya. andai saja bibinya menceritakan wacana perasaanya “sebelum dia pergi/ Before You Go” mungkin saja lewis dan keluarganya sanggup menyelamatkan hidup bibinya. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sungguh bersalah alasannya tak pernah tahu isi hati sang bibi.

 

Meskipun secara eksklusif lagu ini bercerita wacana bunuh diri, Lewis tak menampik bahwa lagu ini sanggup juga dimaknai wacana lagu percintaan bagi para pendengarnya. Dalam kacamata kisah percintaan lagu ini berkisah wacana seorang perempuan yang pergi begitu saja dari kehidupan Lewis tanpa penjelasan. Kaprikornus sepanjang lagu, Lewis bertanya-tanya andai saja si perempuan itu menerangkan kepadanya wacana argumentasi mengapa dia ingin pergi, lewis sanggup saja mengerjakan sesuatu untuk mencegahnya pergi meninggalanya.

 

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak hingga habis ya, kesimpulan ada di simpulan tulisan.

 

Verse 1:

I fell by the wayside like everyone else

Aku jatuh ditepi jalan seumpama orang lain

I hate you, I hate you, I hate you but I was just kidding myself

Aku membencimu, saya membencimu, namun saya cuma menipu diri sendiri

Our every moment, I start to replace

Momen yang kita lalui, mulai ku gantikan

'Cause now that they're gone, all I hear are the words that I needed to say

Karena seluruhnya tlah hilang, yang ku dengar hanyalah kata-kata yang mesti ku ucapkan

Lagu "Before You Go," punya lirik yang bernuansa wacana perpisahan. (bisa perpisahan cinta, perpisahan dengan anggota keluarga dsb). Namun dalam keteranganya, lewis menyampaikan bahwa lagu ini berkisah wacana bibi-nya yang bunuh diri, pergi meninggalkan lewis dan keluarganya. lewis menyampaikan dalam lirik ini, bahwa hidup itu layaknya suatu perjalanan, bagi yang tak memiliki pengaruh maka seseorang sering kali sanggup menepi dipinggir jalanya. Dan benar saja, karna kehilangan bibi-nya lewis alhasil menepi di segi jalan mempertimbangkan idup yang sungguh berat.

.

Dilirik ini, lewis seolah membeci bibi-nya, kenapa bibinya pergi meninggalkanya? Perasaan-perasaan tersebut menghasilkan lewis merasa bersalah.

 

Pre-Chorus

When you hurt under the surface

Ketika rasa sakitmu tertimbun didalam permukaan

Like troubled water running cold

Seperti air keruh yang mengalir dingin

Well, time can heal but this won't

Memang, waktu sanggup menyembuhkan namun tidak dengan yang ini

Lewis menerangkan di lirik selanjutnya, bahwa bibi-nya meninggalkanya tanpa suatu penjelasan, bibi-nya punya rasa sakit yang dipendamnya sendirian tanpa mau bercerita, inilah yang menghasilkan lewis Capaldi merasa bersalah.

 

Chorus:

So, before you go

Jadi, sebelum kamu pergi

Was there something I could've said

Adakah yang sanggup saya ucapkan?

To make your heart beat better?

Agar hatimu merasa lebih baik?

If only I'd have known you had a storm to weather

Andai saja saya tahu kamu mengalami masa-masa sulit

So, before you go

Jadi, sebelum kamu pergi

Was there something I could've said

Adakah yang sanggup saya ucapkan?

To make it all stop hurting?

Agar tak lagi ada sakit yang kamu derita?

It kills me how your mind can make you feel so worthless

Aku merasa tak memiliki fungsi alasannya membiarkan pikiranmu membuatmu tak berdaya

So, before you go

Jadi, sebelum kamu pergi

Namun sayangnya, bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu terhadap Lewis dan keluarganya. andai saja bibinya menceritakan wacana perasaanya “sebelum dia pergi/ Before You Go” mungkin saja lewis dan keluarganya sanggup menyelamatkan hidup bibinya. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sungguh bersalah alasannya tak pernah tahu isi hati sang bibi.

.

Dalam lirik chorus/ref ini, intinya, Lewis bertanya-tanya andai saja si Bibi menerangkan kepadanya wacana argumentasi mengapa dia ingin pergi, lewis sanggup saja mengerjakan sesuatu untuk mencegahnya pergi meninggalanya.

 

Verse 2:

Was never the right time, whenever you called

Tak pernah ada waktu yang sesuai untuk mengangkat teleponmu

Went little by little by little until there was nothing at all

Sedikit demi sedikit hingga tak ada sama sekali

Our every moment, I start to replay

Setiap momen kita, mulai saya ingat kembali

But all I can think about is seeing that look on your face

Tapi yang sanggup saya pertimbangkan hanyalah menyaksikan ekspresi itu di wajahmu

Lewis dalam lirik ini juga seolah merasa bertanggung jawab alasannya mungkin dikala bibinya ingin curhat kepadanya, pada dikala bibinya sangat-sangat membutuhkannya,  lewis malah tak ada alasannya mungkin sibuk dengan kehidupanya atau karirnya.

 

Bridge:

Would we be better off by now

Akankah kita sanggup lebih baik sekarang

If I'd have let my walls come down?

Seandainya saya sanggup terbuka denganmu?

Maybe, I guess we'll never know

Mungkin saja, kita tak akan pernah tahu

You know, you know?

Tahukah kau?

semuanya lagi-lagi sudah terlambat, dan tak adalagi yang perlu disalah kan. Namun dalam lirik ini, lewis berupaya menggaris bahwahi bahwa segala hal itu sanggup dibicarakan, segala hal itu niscaya punya penyelesaian kalau di obrolkan dari hati-kehati. Andai saja lewis dan bibinya saling berbincang-bincang dan tahu isi hati dari bibinya, mungkin seluruhnya takkan rampung seumpama ini.

 

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lagu "Before You Go," berkisah wacana seseorang yang pergi meninggalkan lewis capaldi tanpa suatu penjelasan. Secara eksklusif lewis memaknai lagu ini kedalam kisah bunuh diri bibinya. bibinya bunuh diri diri alasannya merasa banyak beban dan rasa sakit yang ditanggungnya, tetapi sayangnya bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu terhadap Lewis dan keluarganya. andai saja bibinya menceritakan wacana perasaanya “sebelum dia pergi/ Before You Go” mungkin saja lewis dan keluarganya sanggup menyelamatkan hidup bibinya. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sungguh bersalah alasannya tak pernah tahu isi hati sang bibi.

 

Meskipun secara eksklusif lagu ini bercerita wacana bunuh diri, Lewis tak menampik bahwa lagu ini sanggup juga dimaknai wacana lagu percintaan bagi para pendengarnya. Dalam kacamata kisah percintaan lagu ini berkisah wacana seorang perempuan yang pergi begitu saja dari kehidupan Lewis tanpa penjelasan. Kaprikornus sepanjang lagu, Lewis bertanya-tanya andai saja si perempuan itu menerangkan kepadanya wacana argumentasi mengapa dia ingin pergi, lewis sanggup saja mengerjakan sesuatu untuk mencegahnya pergi meninggalanya

 

Yang sanggup kita pelajari dari lagunya:

Dalam menjalani hidup kita niscaya akan dibarengi aneka macam perkara dan ujian. Bahkan seiring perjalanan waktu, masalah-masalah gres akan terus bermunculan. Konflik dan perkelahian atau perbedaan sudut pandang pun sanggup menghasilkan korelasi seakan berada di ujung tanduk.

Saat kita ada masalah, ialah hal yang lumrah kalau kita membicarakanya pada orang yang mau mendengar keluh kesah kita biar menghasilkan hati kita tenang. Malah kalau cuma saling membisu atau akal-akalan menilai seluruhnya baik-baik saja padahal ada yang perlu diluruskan, ujungnya malah sanggup menyakiti hati kita sendiri.  

 

dalam lirik BRIDGE di lagu ini, lewis berupaya menggaris bahwahi bahwa segala hal itu sanggup dibicarakan, segala hal itu niscaya punya penyelesaian kalau di obrolkan dari hati-kehati. Andai saja lewis dan bibinya saling berbincang-bincang dan tahu isi hati dari bibinya, mungkin seluruhnya takkan rampung seumpama ini.

 

Sebuah perkara timbul untuk diselesaikan, untuk dicarikan solusi, bukan untuk dibiarkan dan dipendam. Mungkin itulah yang ingin disampaikan Lewis Capaldi

 

Penutup:

kebanyakan dari kita senantiasa yakin bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, sanggup secara efektif menyodorkan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga meskipun cuma satu lagu, setiap orang/setiap pendengar sanggup meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi dan terjemahn di lirik lagu ini menurut estimasi penulis blog semata. JadI, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seumpama apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata tepat mengingat lagunya yang multitafsir, jadi kalau ada anutan lain dari lagu ini tulis komentar dibawah

 

 

 

 

 

 

*Penulis lirik lagu Before You Go yaitu Lewis Capaldi. Lagu ini rilis pada tahun 2020. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari rekomendasi eksklusif penulis blog.

 

Lewis Capaldi Before You Go (Official Video)



LihatTutupKomentar