Contoh Soal Besaran Fisika Memilih Perpindahan Benda

- Contoh soal dan pembahasan ihwal besaran fisika yaitu memilih perpindahan suatu benda. Contoh #1 : Seorang anak berjalan lurus ke Barat sejauh 10 meter, kemudian berbelok ke Selatan sejauh 12 meter, dan berbelok lagi ke Timur sejauh 15 meter. Perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut dari posisi awalnya yaitu .....
A. 37 meter ke arah barat daya
B. 14 meter ke arah selatan
C. 13 meter ke arah tenggara
D. 13 meter ke arah timur
E. 10 meter arah tenggara

Pembahasan :
Untuk menuntaskan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep dasar dari besaran fisika terutama besaran vektor dan penjumlahannya.

Seperti biasa, sebelum kita mulai penyelesaian, edutafsi akan membahas kembali secara ringkas konsep dasar dari topik yang bersesuaian dengan soal.

Pembahasan konsep ini bertujuan sebagai pengingat, barangkali Sobat Tafsi sudah mulai lupa. Tapi kalau Kalian masih ingat sanggup diskip eksklusif ke pembahasan di bawah.

Konsep Dasar Besaran Fisika

Besaran yaitu segala sesuatu yang sanggup diukur dan dinyatakan dengan angka. Berdasarkan arahnya, besaran dibedakan menjadi besaran vektor dan besaran skalar.

Besaran skalar yaitu besaran yang mempunyai nilai tapi tidak mempunyai arah. Sedangkan besaran vektor yaitu besaran yang mempunyai nilai dan arah.

#1 Perpindahan

Perpindahan yaitu besaran fisika yang menyatakan perubahan posisi benda. Besar perpindahan sama dengan jarak terdekat antara titik simpulan dan posisi awal.

Perpindahan yaitu besaran vektor. Artinya, perpindahan mempunyai nilai dan arah. Oleh alasannya yaitu itu, untuk memilih perpindahan benda kita harus memperhatikan arahnya.

#2 Penjumlahan Vektor

Konsep selanutnya yang harus Sobat Tafsi perhatikan yaitu konsep penjumlah vektor. Seperti yang telah dijelaskan, perpindahan yaitu besaran vektor.

Karena arah gerak anak dalam soal itu berubah-ubah, maka ada beberapa besaran vektor dari satu titik ke titik lainnya. Jadi, perpindahan totalnya harus diselesaikan dengan konsep resultan vektor.

Untuk vektor-vektor yang saling tegak lurus, resultannya sanggup dihitung memakai dalil pythagoras atau metode segitiga.

Menghitung Perpindahan Benda

Oke kini kita masuk ke penyelesaian. Pertama mari kita perhatikan kembali keterangan atau petunjuk yang ada di dalam soal.

Contoh #1 : Seorang anak berjalan lurus ke Barat sejauh 10 meter, kemudian berbelok ke Selatan sejauh 12 meter, dan berbelok lagi ke Timur sejauh 15 meter. Perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut dari posisi awalnya yaitu .....

Langkah #1 : Menentukan Bentuk Lintasan

Perhatikan kata-kata yang berwarna merah. Ketiganya merupakan petunjuk untuk menuntaskan soal. Berdasarkan petunjuk tersebut, maka lintasan gerak anak itu yaitu sebagai berikut:

 Contoh soal dan pembahasan ihwal besaran fisika yaitu memilih perpindahan suatu bend CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA

Nah, biasanya jikalau murid tidak paham konsep besaran vektor, mereka akan menjawab perpindahan benda sebagai jarak yang ditempuh benda itu.

Pada gambar terperinci terlihat bahwa anak tersebut telah menempuh jarak sejauh 37 m (diperoleh dari 10 + 12 + 15). Tapi yang ditanya yaitu perpindahan, jadi bukan 37 m jawabannya.

Langkah #2 : Menentukan Perpindahan

Ingat, perpindahan yaitu jarak terdekat antara titik awal dengan titik akhir. Nah, kalau kita tarik garis lurus yang menghubungkan posisi awal dan akhir, maka akan dihasilkan gambar ibarat ini.

 Contoh soal dan pembahasan ihwal besaran fisika yaitu memilih perpindahan suatu bend CONTOH SOAL BESARAN FISIKA MENENTUKAN PERPINDAHAN BENDA

Coba perhatikan gambar di atas, kalau kita ambil sebuah garis bantu, maka akan terbentuk sebuah segitiga siku-siku. Perhatikan segitiga ABC siku-siku di B.

Posisi awal kita misalkan titik A dan posisi simpulan dimisalkan titik C, maka besar perpindahan anak itu sama dengan panjang AC.

Dari gambar Sobat Tafsi sanggup melihat bahwa panjang AB sama dengan 12 m dan panjang BC sama dengan 5 m (diperoleh dari 15 - 10).

Panjang AC yaitu sisi miring segitiga ABC. Karena AB dan BC diketahui panjangnya, maka panang AC sanggup ditentukan dengan dalil pythagoras.

Berdasarkan dalil Pythagoras:
⇒ AC2 = AB2 + BC2
⇒ AC2 = 122 + 52
⇒ AC2 = 144 + 25
⇒ AC2 = 169
⇒ AC = 13 m

Nah, alasannya yaitu panjang AC sama dengan 13 m, maka perpindahan yang dilakukan anak tersebut yaitu 13 meter dengan arah ke Tenggara. Untuk arahnya, perhatikan gambar petunjuk arah mata angin pada gambar di atas.
Jawaban : C

Baca juga : Kumpulan Soal ihwal Besaran Fisika

Demikian pembahasan pola soal ihwal besaran fisika nomor 1 dengan model soal memilih besar perpindahan yang dilakukan benda.

Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi untuk share ke teman-teman kalian melalui tombol share sosial media yang Kalian punya.

Untuk pembahasan pola soal lainnya ihwal besaran fisika sanggup Sobat Tafsi lihat di hidangan pola soal fisika atau melalui tombol kategori pola besaran di bawah ini.

Kalau Sobat masih belum paham atau galau dengan pembahasan si atas, boleh share pertanyaan Kalian di komentar, kami akan mencoba menjelaskannya.