Makna Dibalik Lagu: My Heart Will Go On Céline Dion

Lagu “My Heart Will Go On” merupakan soundtrack utama dari film Titanic, jadi lagu ini sebearnya bercerita mengenai kisah dalam film tersebut. Film Titanic sendiri, menceritakan mengenai kisah cinta Rose dan Jack yang berjumpa dan saling menyayangi (cinlok) diatas dek kapal RMS Titanic, yang berlayar dari Southampton menuju New York. Kisah cinta tersebut hasilnya menjadi kisah “tragis” karna RMS Titanic hasilnya karam sebelum hingga tujuan. Dalam situasi kepanikan menghadapi kapal yang tenggelam, Rose dan Jack pun tercebur di bahari sambal bergandengan tangan. Sayangnya, Jack yang tak sanggup bertahan dalam kondisi cuaca yang cuek hasilnya melepaskan genggaman tangan Rose dan karam di kedalaman Samudra atlantik. Tragis, pilu, menyedihkan, begitulah alur ceritanya. Bagaimana tidak, Rose yang seolah sudah mendapatkan cinta sejatinya, dalam sekejab cinta sejati itupun hilang. Kejadian tersebut, kemudian senantiasa dikenang Rose hingga ia tua. Di set simpulan film inilah, lagu “My Heart Will Go On” pun terdengar selaku soundtrack epilog film.

 

Dari cuilan kisah diatas, jelaslah bahwa Lagu “My Heart Will Go On” ini menceritakan mengenai seorang perempuan (Rose) yang mempunyai kerinduan kepada orang yang sangat-sangat ia sayangi (jack). Dan meskipun (jack) sudah pergi jauh dari hidupnya, Rose seolah masih menyimpan semua rasa cinta tersebut dalam hatinya, karna ia yakin bahwa cinta itu tak juga bercerita mengenai saling memiliki. Dan melalui kenangan dan rasa cinta dalam hati Rose, Rose seolah senantiasa mampu mencicipi kehadiran Jck.

 

Lagu “My Heart Will Go On” intinya  ingin menekankan pada pendengarnya, bahwa apabila kehilangan orang yang kita cintai itu dalah takdir dan ketetapan waktu, jadi di saat kita kehilangan orang tersebut janganlah kita bersedih, alasannya meskipun orang tersebut menghilang, momen dan kenanganya masih ada dalam asumsi kita.

 

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak hingga habis ya, kesimpulan ada di simpulan tulisan.

 

Verse 1:

Every night in my dreams

Tiap malam dalam mimpiku

I see you, I feel you

Kulihat dirimu, kurasakan dirimu

That is how I know you go on

Begitulah caraku tahu dirimu tetap (ada)

Far acRoses the distance

(meski) jauh jarak terlewati

And spaces between us

Dan ruang yang memisahkan

You have come to show you go on

Kau tlah tiba untuk memamerkan bahwa kau tetap (ada)

Lagu ini menceritakan kisah dari sudut pandang Rose yang terus-terusan mengingat cinta sejatinya Jack, di film Titanic.  Dari dongeng filmnya, kita tahu bahwa Rose dan Jack, mesti terpisah karna Jack pada kenyataanya mesti meninggal karna tenggelamnya Titanic, insiden pilu yang mereka berdua alami.

Lirik ini, secara lazim bercerita mengenai suatu perpisahan yang memilukan, dan seseorang yang ditinggalkan merasa sungguh berat untuk melepasnya. Sehingga ia terus-terusan saja berharap suatu di saat nanti kekasihnya akan tiba menemuinya walau cuma dalam “mimpi”.

 

Chorus:

Near, far, wherever you are

Dekat, jauh, dimanapun kamu berada

I believe that the heart does go on

Aku yakin hati kita kan tetap (ada)

Once more, you open the door

Sekali lagi, kamu membuka pintu

And you're here in my heart

Dan di sinilah kau, di hatiku

And my heart will go on and on

Dan hatiku akan tetap dan tetap (ada)

Cinta, hati, perasaan, ingatan, merupakan lambang dari keabadian. Lewat lirik ini, Rose ingin membuktikan bahwa perasaanya kepada jack akan senantiasa abadi. Layaknya bangkai kapal Titanic yang awet di dalamya Samudra atlantik.

 

Verse 2:

Love can touch us one time

Cinta sanggup menjamah kita suatu waktu

And last for a lifetime

Dan bertahan seumur hidup

And never let go 'til we're gone

Dan jangan pernah melepaskannya hingga kita tiada

Love was when I loved you

Cinta merupakan di saat saya mencintaimu

One true time I hold to

Satu masa yang betul-betul ku pegang

In my life, we'll always go on

Dalam hidup ku, kita kan senantiasa tetap (ada)

Baik-bait ini sebernarnya bercerita mengenai cinta yang paling murni. Cinta yang tidak akan pernah kita lupakan, yang hendak tetap ada dalam kenangan kita seumur hidup. suatu cinta yang tak pernah sanggup Rose lupakan.

 

Outro:

You're here, there's nothing I fear

Kau ada disini, tak ada lagi yang kutakutkan,

And I know that my heart will go on

Dan saya tahu hatiku akan tetap (ada)

We'll stay forever this way

Kita akan bertahan selamanya seumpama ini

You are safe in my heart

Engkau kujaga di dalam hatiku

And my heart will go on and on

Dan hatiku akan tetap dan tetap (ada)

Kehilangan sesuatu dalam hidup kita, sanggup jadi dalah ketetapan takdir dari yang kuasa, jadi di saat kita kehilangan orang tersebut janganlah kita bersedih, alasannya meskipun orang tersebut menghilang, momen dan kenanganya masih ada dalam asumsi kita.

 

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, sanggup ditarik kesimpulan bahwa Lagu “My Heart Will Go On” berkisah mengenai cinta sejati yang dialami oleh Rose dan Jack (tokoh utama dalam film Titanic). Lagu ini menceritakan kisah dari sudut pandang Rose yang terus-terusan mengingat cinta sejatinya Jack.  Dari dongeng filmnya, kita tahu bahwa Rose dan Jack, mesti terpisah karna Jack pada kenyataanya mesti meninggal karna tenggelamnya Titanic, insiden pilu yang mereka berdua alami. perpisahan yang memilukan tersebut, kemudian menghasilkan Rose sungguh berat untuk melepaskan. Sehingga Rose terus-terusan saja berharap suatu di saat nanti kekasihnya akan tiba menemuinya walau cuma dalam “mimpi”. Rose seolah masih menyimpan semua rasa cinta tersebut dalam hatinya, karna ia yakin bahwa cinta itu tak juga bercerita mengenai saling memiliki. Dan melalui kenangan dan rasa cinta dalam hati Rose, Rose seolah senantiasa sanggup mencicipi kehadiran Jack

 

Lagu “My Heart Will Go On” pada dasarnya  ingin menekankan pada pendengarnya, bahwa apabila kehilangan orang yang kita cintai itu dalah takdir dan ketetapan waktu, jadi di saat kita kehilangan orang tersebut janganlah kita bersedih, alasannya meskipun orang tersebut menghilang, momen dan kenanganya masih ada dalam asumsi kita. Bait-bait lagunya, juga bercerita mengenai cinta yang paling murni. Cinta yang tidak akan pernah kita lupakan, yang hendak tetap ada dalam kenangan kita seumur hidup. suatu cinta yang tak pernah sanggup Rose lupakan.

 

Cinta, hati, perasaan, ingatan, merupakan lambang dari keabadian. Lewat lagu ini, Rose ingin membuktikan bahwa perasaanya kepada jack akan senantiasa abadi. Layaknya bangkai kapal Titanic yang awet di dalamya Samudra atlantik.

 

Penutup:

kebanyakan dari kita senantiasa yakin bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, sanggup secara efektif menyodorkan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga meskipun cuma satu lagu, setiap orang/setiap pendengar sanggup meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seumpama apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata tepat mengingat lagunya yang multitafsir, jadi apabila ada fatwa lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊

 

 

 

 

 

*Penulis lirik lagu My Heart Will Go On merupakan Will Jennings & James Horner. Lagu ini rilis padaDecember 8, 1997. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pertimbangan langsung penulis blog.