Makna Dibalik Lagu: Maroon 5 Sugar

Lagu “Sugar” berkisah tentang seorang lelaki yang jatuh cinta pada seorang wanita. Wanita tersebut kelihatannya terus-terusan mengacuhkan si lelaki dan bersikap pahit pada si pria. Sehingga dalam lagu ini, si lelaki meminta pada perempuan pujaanya untuk menampilkan sedikit saja rasa cantik bagai gula terhadapnya.

Dalam keteranganya di sogfacts, Adam Levin (Vokalis Maroon 5) menerangkan bahwa “Sugar” ialah kata yang punya metafora atau makna tentang perilaku cantik dari kekasihnya. jadi lagu ini sanggup dimaknai selaku tuntutan Adam pada keksihnya untuk bersikap cantik terhadapnya.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak hingga habis ya, kesimpulan ada di selesai tulisan.

Verse 1:
I'm hurting, baby, I'm broken down
Aku terluka, kasih, saya hancur
I need your loving, loving, I need it now
Aku butuh kasih sayangmu, saya butuh kini juga
When I'm without you, I'm something weak
Saat saya tanpamu, kadang saya jadi lemah
You got me begging, begging, I'm on my knees
Kau membuatku memohon, memohon, akupun berlutut
Lagu ini berkisah tentang seorang lelaki yang senantiasa disakiti oleh perempuan pujaanya. Sehingga lelaki tersebut seolah memohon dan meminta pada perempuan pujaanya untuk tak menampilkan luka, lelaki tersebut cuma ingin perempuan itu menampilkan kasih sayang saja

Pre-Chorus:
I don't wanna be needing your love
Aku tak memerlukan cintamu
I just wanna be deep in your love
Aku cuma ingin karam dalam cintamu
And it's killing me when you're away
Dan rasa ini membunuhku dikala kau jauh
Ooh, baby, 'Cause I really don't care where you are
Ooh, kasih, Karena saya sungguh tak peduli dimana kau berada
I just wanna be there where you are
Aku cuma ingin ada di tempatmu berada
And I gotta get one little taste
Dan saya mesti mendapat sedikit rasa
Pria tersebut juga bercerita dalam lirik ini bahwa dia tak mau berada pada suatu korelasi cinta dangkal, dia ingin korelasi percintaanya serius, sehingga dia sanggup karam di dalamnya. dan lelaki tersebut juga seolah berjanji bahwa dimanapun perempuan itu berada, lelaki tersebut juga akan berada disampingnya. Untuk merealisasikan semua itu, sip ria cuma meminta sedikit rasa…

Chorus:
Sugar, yes please
(rasa manis) gulamu, kumohon
Won't you come and put it down on me?
Maukah kau tiba dan memberikannya padaku?
I'm right here, 'cause I need
Aku di sini, alasannya yakni saya butuh
Little love, a little sympathy
Sedikit cinta dan sedikit simpati
Yeah, you show me good loving, make it alright
Ya, kau menampilkan padaku cinta terbaik, yang buat semua ini jadi baik-baik saja
Need a little sweetness in my life
Butuh sedikit rasa cantik dalam hidupku
Your sugar, yes please
Gulamu, kumohon
Won't you come and put it down on me?
Maukah kau tiba dan memberikannya padaku?
Pria tersebut cuma ingin meminta sedikit rasa cantik gula (manisnya cinta, manisnya kasih sayang) dari perempuan pujaanya. Dengan begitu, perempuan pujaanya sudah menandakan cinta terbaik dalam hidupnya. Sehigga lelaki tersebut seolah mengajukan pertanyaan pada perempuan pujaanya, “maukah kau menampilkan rasa cantik itu pada ku?

Verse 2:
Babe, my broken pieces, you pick them up
Sayang, pecahan hancur dari diriku, kau coba punguti
Don't leave me hanging, hanging
Jangan biarkan saya tergantung, tergantung
Come give me some
Ayolah beri saya beberapa hal
When I'm without you, I'm so insecure
Saat saya tanpamu, Aku sungguh gelisah
You are the one thing, one thing I'm living for
Anda yakni satu-satunya hal, satu-satunya hal yang kan ku jalani
Pria dalam lagu ini juga berkata bahwa dia hanyalah pecahan kecil, cuma butiran debu, dia merasa hancur dan satu-satunya orang yang sanggup menyatukan dirinya hanyalah perempuan pujaanya. Kaprikornus dalam lirik ini, Pria itu berharap perempuan pujaanya mau menampilkan beberapa hal yang buatnya tak merasa hancur lagi

Bridge:
I want that red velvet
Aku ingin karpet merah
I want that sugar sweet
Aku ingin cantik gulamu
Don't let nobody touch it unless that somebody's me
Jangan biarkan orang menyentuhnya kecuali orang itu yakni aku
I gotta be a man, there ain't no other way
Aku mesti jadi seorang pria, Tak ada cara lain
'Cause girl you're hotter than a Southern California day
Karena kasih, kau lebih seksi ketimbang Pantai California selatan
Never wanna play no games, you don't gotta be afraid
Aku tak pernah main-main, kau tak perlu takut
Don't give me all that shy shit
Jangan berikan omong kosong itu
No makeup on, that's my sugar
Tanpa riasan, begitulah gulaku
Manis suatu cinta, cantik suatu kasih sayang, cantik suatu perhatian, bagaikan gula, cuma itulah yang lelaki itu mau dari perempuan pujaanya. Karena cuma perempuan itulah yang sanggup menghasilkan hidupnya manis, dia indah bagai pantai California, tanpa riasan, tanpa sandiwara, perempuan itu begitu indah menurutnya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan memaknai keseluruhan liriknya, sanggup ditarik kesimpulan bahwa lagu “Sugar” berkisah tentang seorang lelaki yang jatuh cinta pada seorang wanita. Wanita tersebut kelihatannya terus-terusan mengacuhkan si lelaki dan bersikap pahit pada si pria. Sehingga dalam lagu ini, si lelaki meminta pada perempuan pujaanya untuk menampilkan sedikit saja rasa cantik bagai gula terhadapnya.

Pria tersebut juga bercerita dalam lirik lagunya, bahwa dia tak mau berada pada suatu korelasi cinta dangkal, dia ingin korelasi percintaanya serius, sehingga dia sanggup karam di dalamnya. dan lelaki tersebut juga seolah berjanji bahwa dimanapun perempuan itu berada, lelaki tersebut juga akan berada disampingnya. Untuk merealisasikan semua itu, si lelaki cuma meminta sedikit rasa,  sedikit rasa cantik gula (manisnya cinta, manisnya kasih sayang) dari perempuan pujaanya. Dengan begitu, perempuan pujaanya sudah menandakan cinta terbaik dalam hidupnya. Sehigga lelaki tersebut seolah mengajukan pertanyaan pada perempuan pujaanya, “maukah kau menampilkan rasa cantik itu pada ku?

Yap yap. Manis suatu cinta, cantik suatu kasih sayang, cantik suatu perhatian, bagaikan gula, cuma itulah yang lelaki itu mau dari perempuan pujaanya. Karena cuma perempuan itulah yang sanggup menghasilkan hidupnya manis, dia indah bagai pantai California, tanpa riasan, tanpa sandiwara, perempuan itu begitu indah menurutnya.

Penutup:
kebanyakan dari kita senantiasa yakin bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, sanggup secara efektif menyodorkan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga meskipun cuma satu lagu, setiap orang/setiap pendengar mampu meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi dan terjemahn di lirik lagu ini menurut estimasi penulis blog semata. JadI, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seumpama apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata tepat mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jikalau ada fatwa lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.





* Penulis lirik lagu Sugar adalah; Dr. Luke, Cirkut, Jacob Kasher, Adam Levine, Ammo & Mike Posner. Lagu ini rilis pada tanggal; 13 Januari 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pertimbangan eksklusif penulis blog.

Maroon 5 Sugar (Official Video)