Ki Kd Teknologi Layanan Jaringan Smk Tkj (Kelas Xi, Xii) K13 Revisi

Download Analisis KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017/2018. Setelah sebelumnya kami membagikan artikel perihal KI KD mata pelajaran C3 TKJ Sekolah Menengah kejuruan yaitu mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan dan Administrasi Sistem Jaringan, maka kali ini  kami akan membagikan KI KD Teknologi Layanan Jaringan.

Sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa mata pelajaran produktif atau kini diganti dengan sebutan mata pelajaran C merupakan mata pelajaran inti yang harus diajarkan oleh guru kepada para siswa. Jika kompetensi keahlian yang dipilih siswa yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), maka mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan masuk dalam mata pelajaran C3.

Sekedar informasi, bahwa dalam kurikulum 2013 revisi, ada 3 jenis mata pelajaran yang disampaikan kepada para siswa, yaitu mata pelajaran muatan nasional (mapel A), mata pelajaran muatan kewilayahan (mapel B), dan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan (mapel C). Ketiga jenis mata pelajaran ini tidak disampaikan seluruhnya, ada yang hanya kelas X, ada yang kelas XI gres disampaikan. Adapun mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan masuk dalam kategori mata pelajaran C3 (Kompetensi Keahlian). Artinya, mata pelajaran ini mulai di ajarkan kepada para siswa kelas XI dan XII.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

Dasar Hukum KI KD Teknologi Layanan Jaringan K13 Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Berkaitan dengan dasar aturan KI KD mata pelajaran C3 Sekolah Menengah kejuruan TKJ ini, kami mengacu pada keputusan pemerintah, yaitu melalui Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah perihal spektrum Sekolah Menengah kejuruan Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi isu perihal Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dalam surat keputusan tersebut, ditetapkan tanggal pengukuhan SK yaitu tanggal 9 Juni 2017. Pemberlakuan SK ini, tentu saja secara otomatis menggantikan peraturan yang usang perihal spektrum SMK. Jika anda ingin tau dengan isi dari SK Dirjen tersebut, anda sanggup melihat salinan SK pada final artikel yang sudah kami siapkan. Namun, kalau anda ingin mengetahui perihal sprktrum kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Jika anda mengikuti perkembangan kurikulum sekolah, tentu akan sangat gila dengan apa yang ada pada isi spektrum Sekolah Menengah kejuruan tersebut. Dalam kurikulum 2013 revisi, terdapat istilah gres yaitu adanya istilah KI atau kepanjangan dari Kompetensi Inti. Adanya KI merupakan salah satu implementasi pemerintah dalam pengembangan pendidikan karakter.

Ada 4 KI yang ada pada kurikulum 2013 ini, yaitu KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Keempat KI ini mempunyai kiprah yang berbeda-beda, antara lain KI 1 menekankan pada aspek perilaku spiritual, KI 2 menekankan aspek sosial, KI 3 menekankan aspek pengetahuan, dan KI 4 menekankan pada aspek keterampilan.

Namun, seiring perkembangan pendidikan, KI 1 dan KI 2 hanya ada pada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn. Untuk mata pelajaran lain yang awalnya mempunyai KI 1 dan KI 2, dihapuskan pada kurikulum 2013 revisi. Nah, untuk KD atau kepenjangan dari Kompetensi Dasar tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya.

KI Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa hanya ada 2 KI yang ada pada mata pelajaran selain pendidikan agama dan PPKn, yaitu KI 3 dan KI 4. Hal ini berarti, mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan mempunyai KI 3 dan KI 4 saja. Untuk kompetensi spiritual dan sosial silahkan dimasukkan dalam penyusunan silabus dan RPP Teknologi layanan jaringan. Berikut ini KI Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai kepingan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan problem sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja berdikari dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menimbulkan gerak alami, hingga dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ KI KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ

KD mata pelajaran teknologi layanan jaringan Sekolah Menengah kejuruan terdiri dari 18 KD yang sudah ditetapkan pemerintah. Meskipun terbilang banyak, KD ini dipelajari selama 2 tahun, yaitu kelas XI dan kelas XII. Selain itu, jumlah jam pembelajaran yang disediakan pemerintah juga cukup banyak, yaitu 6 jam dikelas XI, dan 8 jam di kelas XII. Jadi, jumlah KD yang berisi 18 KD ini tidak bermasalah.

Sama halnya dengan KI yang dibagi menjadi 2, untuk KD teknologi layanan jaringan juga dibagi menjadi 2 jenis KD, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Hal ini berarti tiap satu unsur dalam kompetensi dasar harus mempunyai 2 komponen tersebut. (Anda sanggup melihat KD mapel di bawah ini).

Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “memahami” dan “menyajikan” aplikasi komunikasi data. 2 kata depan ini mempunyai arti yang berbeda, jadi penerapannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut KD Teknologi Layanan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ.

3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data.
4.1 Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data
3.2 Menganalisis banyak sekali standar komunikasi data.
4.2 Menyajikan banyak sekali standar komunikasi data
3.3 Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan.
4.3 Menyajikan hasil analisis proses komunikasi data
3.4 Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara.
4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
3.5 Menganalisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan.
4.5 Menyajikan hasil analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
3.6 Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan.
4.6 Menyajikan hasil analisis kebutuhan beban/bandwidth jaringan
3.7 Memahami konsep kerja protokoler Server softswitch.
4.7 Menalar konsep kerja protokoler Server softswitch
3.8 Memahami diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
4.8 Menalar diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
3.9 Memahami sketsa dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
4.9 Menyajikan sketsa dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
3.10 Menerapkan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch.
4.10 Melakukan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
3.11 Menerapkan mekanisme instalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
4.11 Menginstalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
3.12 Memahami konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
4.12 Menyajikan hasil konfigurasi eksistensi dan dial-plan Server softswitch.
3.13 Memahami fungsi firewall pada jaringan VoIP
4.13 Menalar fungsi firewall pada jaringan VoIP
3.14 Memahami prinsip kerja subscriber internet telepon
4.14 Menalar prinsip kerja subscriber internet telepon
3.15 Menerapkan konfigurasi pada subscriber internet telepon
4.15 Membuat konfigurasi subscriber internet telepon.
3.16 Mengevaluasi kerja sistem komunikasi VoIP
4.16 Mengelola kerja sistem komunikasi VoIP
3.17 Mengevaluasi perawatan sistem komunikasi VoIP
4.17 Melakukan perawatan sistem komunikasi VoIP
3.18 Menganalisis permasalahan sistem komunikasi VoIP
4.18 Melakukan perbaikan sistem komunikasi VoIP

Orang lain juga membuka :
1. Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi
2. KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan Sekolah Menengah kejuruan TKJ K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Analisis KI KD mata pelajaran teknologi layanan jaringan TKJ Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017. Bagi yang ingin tau dengan SK tersebut, anda sanggup melihat salinan SK dari Dirjen di bawah ini. Adapun bagi teman-teman yang ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak

Link : Download KI KD Teknologi Layanan Jaringan TKJ SMK

Demikian artikel perihal analisis/ download KI KD Teknologi Layanan Jaringan TKJ Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD KI KD sudah tersedia kalau ingin menyimpan artikel ini.