33 Ki Kd Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Rpl Smk K13 Revisi 2018

Download analisis KI KD mapel Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018. Mata pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak yaitu salah satu mata pelajaran wajib C3 (muatan peminatan kejuruan) kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK, selain mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak, Basis Data, dan Pemrograman Berorientasi Obyek.

Sesuai dengan namanya, jadi pada mata pelajaran ini, siswa Sekolah Menengah kejuruan RPL dibutuhkan bisa untuk membuat aplikasi komputer yang sanggup dipakai atau ditampilkan dengan pinjaman browser (desktop/ mobile). Beberapa bahasa pemrograman yang cukup terkenal ketika ini antara lain : PHP, ASP classic, ASP.NET, Python, Ruby on Rails,  JSP, Perl.

Sedangkan pemrograman bergerak ini lebih pada pembuatan jadwal pada perangkat mobile (smartphone). Seperti yang kita ketahui sekarang, bahwa penjualan smartphone meningkat drastis, oleh alasannya yaitu itu pengguna smartphone juga meningkat. Untuk itu, penting bagi kita, khususnya siswa RPL untuk memiliki keahlian atau keterampilan dalam pembuatan jadwal aplikasi smartphone.

Dasar Hukum KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Ketika kita masuk dalam kurikulum 2013 revisi, jangan berharap pemerintah akan menyediakan silabus mata pelajaran, khususnya mata pelajaran produktif. Guru mata pelajaran dibutuhkan bisa mengembangkan silabus sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang ditentukan oleh pemerintah. Guru tidak diperkenankan untuk mengurangi KD yang disediakan, namun diperbolehkan untuk menambahi KD yang ada.

Untuk KI dan KD mapel Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak K13 Revisi ini mengacu pada hukum pemerintah yang terbaru, yaitu Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi isu wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

SK dari Dirjen tersebut mulai berlaku tanggal 9 Juni 2017. Dengan adanya hukum terbaru, maka SK ini menggantikan peraturan yang sebelumnya. Bagi yang belum membaca peraturan tersebut, kami sudah melampirkan salinan SK tersebut, di final artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu : https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD mapel C3 RPL Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak K13 Revisi

Dalam Kurikulum di Indonesia, mungkin gres kali ini kita mendengar istilah KI. KI sendiri merupakan kependekan dari Kompetensi Inti. Jadi, adanya Kompetensi Inti ini merupakan langkah pemerintah dalam mengimplementasikan jadwal pendidikan karakter, khususnya di sekolah.

Awal mula pemberlakuakn K13 pada tahun 2013 memang setiap mata pelajaran memiliki 4 KI, yaitu KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Masing-masing KI memiliki konsep yang berbeda-beda. KI 1 untuk pengembangan perilaku spiritual, KI 2 perilaku sosial, KI 3 berisi pengetahuan, dan KI 4 memuat keterampilan. Khusus untuk K13 revisi ini, mata pelajaran C3 tidak memiliki KI 1 dan KI 2. Kaprikornus hanya memiliki KI 3 dan KI 4. KI 1 dan KI 2 dimiliki oleh mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

1. KI Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan RPL hanya memiliki 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Berikut ini KI K13 Revisi Sekolah Menengah kejuruan RPL.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai potongan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan persoalan sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menimbulkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD mapel Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan RPL  33 KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2018

2. KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK

Kompetensi Dasar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan jurusan RPL terdiri dari banyak KD, yaitu mulai dari konsep konsep teknologi aplikasi web, hingga konektifitas aplikasi mobile dengan web. Yang jelas, ada 2 jenis KD yang harus disampaikan, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Bisa anda lihat di bawah ini.

Antara KD pengetahuan dan KD keterampilan tidak jauh berbeda, alasannya yaitu memang satu materi. Kaprikornus sehabis siswa tahu, sehabis itu diterapkan atau diaplikasikan dalam sebuah keterampilan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi berikut ini.

3.1 Memahami konsep teknologi aplikasi web
4.1 Mempresentasikan pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web
3.2 Menerapkan format teks pada halaman web
4.2 Membuat aba-aba html untuk menampilkan teks dalam format tertentu pada halaman web
3.3 Menerapkan format tabel pada halaman web
4.3 Membuat aba-aba html untuk menampilkan tabel pada halaman web
3.4 Menerapkan tampilan format multimedia pada halaman web
4.4 Membuat aba-aba html untuk menampilkan tampilan format multimedia pada halaman web
3.5 Menerapkan format kaitan pada halaman web
4.5 Membuat aba-aba html untuk menampilkan format kaitan pada halaman web
3.6 Menerapkan format formulir pada halaman web
4.6 Membuat aba-aba html untuk menampilkan formulir pada halaman web
3.7 Menerapkan style pada halaman web
4.7 Membuat aba-aba html untuk menampilkan style tertentu pada halaman web
3.8 Memahami client side scripting dalam pemrograman web
4.8 Mempresentasikan client side scripting dalam pemrograman web
3.9 Menerapkan client side scripting pada halaman web interaktif
4.9 Membuat halaman web interaktif memakai client side scripting
3.10 Memahami teknologi aplikasi web server
4.10 Mempresentasikan teknologi aplikasi web server
3.11 Menerapkan pemrograman server side scripting
4.11 Membuat aba-aba jadwal pada server side scripting
3.12 Menerapkan struktur kendali program
4.12 Membuat struktur kendali program
3.13 Menerapkan fungsi dalam program
4.13 Membuat aba-aba fungsi dalam program
3.14 Menerapkan library standar dalam program
4.14 Menggunakan library standar dalam program
3.15 Mengevaluasi aplikasi interaktif pada web
4.15 Memodifikasi aplikasi interaktif pada web
3.16 Menerapkan operasi file
4.16 Membuat aba-aba jadwal untuk operasi file
3.17 Menganalisis penanganan kesalahan pada program
4.17 Melakukan perbaikan penanganan kesalahan pada program
3.18 Menerapkan user interface basis data pada halaman web
4.18 Membuat user interface basis data pada halaman web
3.19 Menerapkan aplikasi web stateful
4.19 Membuat aplikasi web stateful
3.20 Mengevaluasi pengamanan data pada aplikasi web
4.20 Merevisi pengamanan data pada aplikasi web
3.21 Merancang sistem isu web
4.21 Membangun aplikasi sistem isu web
3.22 Menerapkan web hosting
4.22 Membuat aplikasi web pada web hosting
3.23 Menerapkan aplikasi web dengan Model View Controler (MVC)
4.23 Membuat aplikasi web memakai Model View Controler (MVC)
3.24 Menerapkan teknologi framework dalam aplikasi web
4.24 Membuat aplikasi web memakai teknologi framework
3.25 Memahami teknologi pengembangan aplikasi mobile
4.25 Mempresentasikan teknologi pengembangan aplikasi mobile
3.26 Menerapkan teknik desain aplikasi mobile
4.26 Membuat desain aplikasi berbasis mobile
3.27 Menerapkan teknik desain aplikasi multi window
4.27 Membuat desain aplikasi multi window
3.28 Menerapkan pengkodean alur jadwal dalam aplikasi
4.28 Membuat aba-aba jadwal dalam aplikasi
3.29 Menerapkan teknik pengolahan input user
4.29 Membuat antar muka input user pada aplikasi
3.30 Menerapkan teknik desain aplikasi lanjutan
4.30 Membuat desain aplikasi lanjutan
3.31 Menerapkan aplikasi basis data mobile
4.31 Membuat pengolahan basis data mobile
3.32 Mengevaluasi penggunaan library pada aplikasi mobile
4.32 Memodifikasi aplikasi mobile library pada aplikasi mobile
3.33 Menerapkan konektifitas aplikasi mobile dengan web
4.33 Membuat koneksifitas aplikasi mobile dengan web

Orang lain juga membuka :
1.20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi
2. KI KD Basis Data Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)
3. KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen wacana KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak

Link : Download KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Sekolah Menengah kejuruan K13 RPL

Demikian artikel wacana KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin menyimpan artikel ini.