Ki Kd Pemodelan Perangkat Lunak Smk Rpl Kurikulum 2013 Revisi

Download analisis KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK jurusan/ kompetensi keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018. Mapel pemodelan perangkat lunak ialah salah satu mata pelajaran di jurusan RPL pada K13 revisi.  Pemodelan Perangkat Lunak (PPL) yaitu sebuah disiplin ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang dipakai sebagai cuilan dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek.

Tujuan dari mapel pemodelan perangkat lunak ini yaitu untuk berbagi suatu perangkat lunak lebih dari 1 orang, sehingga orang lain sanggup mempelajari perangkat lunak yang sudah dikembangkan dan mengetahui konsep RPL serta komponen dan karakteristik Perangkat lunak tersebut.

Mata pelajaran PPL ini diberikan mulai di kelas XI/ 11 dan XII/ 12, khusus untuk kompetensi keahlian RPL. Jadi, tidak ada pada kompetensi lain. Sebagai cuilan aktivitas keahlian Teknik Komputer dan informatika memiliki kesamaan mulai dari mata pelajaran muatan nasional (A), muatan kewilayahan (B), dasar bidang keahlian (C1), dasar aktivitas keahlian (C2). Nah, yang membedakan tiap kompetensi keahlian yaitu mata pelajaran C3 (kompetensi keahlian).

Dasar Hukum KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Jangan samakan kompetensi dasar antara KTSP dan K13 Revisi, khususnya kompetensi keahlian RPL. Jika pada KTSP ada banyak sekali silabus mata pelajaran yang bisa di unduh, untuk K13 Revisi ini kelihatannya sudah mulai berkurang. Mengapa? Yak alasannya pemerintah sudah tidak mengeluarkan silabus patokan dalam peraturannya. Jadi, guru harus berbagi sendiri. Pemerintah hanya menawarkan patokan pengembangan saja.

Untuk KI dan KD mapel Pemodelan Perangkat Lunak K13 Revisi ini mengacu pada hukum pemerintah melalui kementrian pendidikan, yaitu Keputusan Dirjen Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Jika kalian membaca peraturan tersebut, maka sanggup kita ketahui bahwa hukum ini berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017. Jika kalian ingin tau dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di simpulan artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

KI merupakan abreviasi dari Kompetensi Inti, sedangkan KD merupakan abreviasi dari Kompetensi Dasar. Nah, KI mapel Pemodelan Perangkat Lunak terdiri dari 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Sedangkan KD mapel Pemodelan Perangkat Lunak terdiri dari 10 KD yang terbagi antara KD pengetahuan dan KD keterampilan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sampaikan selangkapnya.

1. KI Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Sama menyerupai mata pelajaran Sekolah Menengah kejuruan lain, khususnya non mapel Pendidikan Agama dan PPKn, mata pelajaran PPL ini terdiri dari 2 KI yaitu KI 3 dan KI 4. Untuk KI 1 dan KI 2 diberikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan PPKn. Nah, KI 3 merupakan citra umum dari aspek pengetahuan, sedangkan KI 4 membuktikan aspek keterampilan secara umum.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai cuilan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan dilema sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menimbulkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

 Mapel pemodelan perangkat lunak ialah salah satu mata pelajaran di jurusan RPL pada K KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi

2. KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Kompetensi Dasar PPL terdiri dari 10 KD, yang terbagi menjadi 2 cuilan pokok, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Jika anda cermati, tidak ada perbedaan mencolok antara KD 3 dan KD 4. Misalnya saja KD 3.1 dan KD 4.1. Yang membedakan hanya kata awalnya saja, yaitu memehami dan mempresentasikan. Meskipun 2 kata ini berbeda dari sisi huruf, namun memiliki maksud yang berbeda. Berikut ini KD PPL Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi.

3.1  Memahami konsep pemodelan berorientasi objek
4.1 Mempresentasikan konsep pemodelan berorientasi objek
3.2  Memahami kebutuhan sistem berorientasi objek
4.2 Mempresentasikan kebutuhan sistem berorientasi objek
3.3  Menerapkan alur kerja sistem berorientasi objek
4.3  Membuat alur kerja  sistem berorientasi objek
3.4  Menerapkan mekanisme pembuatan model sistem berorientasi objek memakai perangkat lunak
4.4  Membuat model sistem berorientasi objek memakai perangkat lunak
3.5  Menerapkan kekerabatan antar kelas dalam sistem berorientasi objek
4.5 Membuat kekerabatan antar kelas sistem berorientasi objek
3.6  Menerapkan interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
4.6 Membuat interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
3.7  Menerapkan struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
4.7 Membuat struktur komponen dalam sistem berorientasi objek
3.8  Menerapkan dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi berorientasi objek
4.8  Membuat dokumen pengembangan aplikasi berorientasi objek
3.9  Menganalisis mekanisme dokumen metadata
4.9 Mengkaji dokumen metadata dan mekanisme implementasinya
3.10 Mengevaluasi pengembangan sistem aplikasi berbasis meta- data
4.10 Mengelola rancangan sistem aplikasi yang memakai dokumen meta-data terhadap banyak sekali macam perangkat.

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Basis Data Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)
2. 20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Pemodelan Perangkat Lunak RPL Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen perihal KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel perihal KI KD mapel Pemodelan Perangkat Lunak RPL Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin mengamankan artikel ini.