20 Ki Kd Pemrograman Berorientasi Obyek Smk Rpl K13 Revisi

KI KD mapel Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK/ MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 2018 terbaru terlengkap. Melanjutkan tema artikel kami, yaitu wacana KI KD mapel C3 RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK, maka kali ini kami akan membagikan lagi artikel wacana mapel C3 RPL SMK, yaitu Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Dalam kurikulum RPL SMK, mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) sangat penting. Mengapa? Hal ini alasannya yaitu PBO merupakan mata pelajaran yang mengajari siswa menciptakan projek atau aplikasi. Dalam PBO/ OOP semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Kemudian, setiap object sanggup mendapatkan pesan, memproses data, mengirim, menyimpan, dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling menunjukkan informasi satu terhadap yang lainnya.

Karena mata pelajaran PBO ini cukup penting, maka masuk dalam kategori C3 (mata pelajaran kompetensi keahlian) yang dipelajari kelas XI dan kelas XII. Bahasa pemrograman yang mendukung PBO antara lain: Python, PHP, Adobe Flash AS 3.0, Visual Foxpro, Eiffel, Perl, Java, C++, Smalltalk, C#, Delphi, Ruby, Pascal (bahasa pemrograman), SIMULA. Memang ada banyak bahasa pemrograman, namun tidak semua bahasa tersebut harus anda kuasai. Cukup beberapa dari bahasa pemrograman saja.

Dasar Hukum KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Dalam kompetensi keahlian RPL, jangan samakan kompetensi dasar antara KTSP dan K13 Revisi. Mengapa? Ya hal ini alasannya yaitu perkembangan teknologi yang sangat pesat. Jika pada KTSP ada berbagai silabus produktif yang bisa di download, untuk K13 Revisi ini kelihatannya sudah mulai berkurang. Mengapa? Yak alasannya yaitu pemerintah sudah tidak mengeluarkan silabus patokan dalam peraturannya. Jadi, guru harus membuatkan sendiri. Pemerintah hanya menunjukkan patokan pengembangan saja.

Untuk KI dan KD mapel Pemrograman Berorietasi Obyek K13 Revisi ini mengacu pada hukum pemerintah yang terbaru. Melalui kementrian pendidikan, yaitu Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Surat Keputusan dari Dirjen tersebut bila kita baca mulai berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017, dan menggantikan peraturan yang sebelumnya. Jika kalian ingin tau dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di simpulan artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD mapel C3 RPL Pemrograman Berorientasi Obyek K13 Revisi

Sebagian dari kita tentu tahu wacana apa itu KI dan apa itu KD. Sekedar informasi, bahwa pendidikan huruf yang selama ini dicanangkan oleh pemerintah ingin diimplementasikan ke sekolah melalui penetapan KI atau abreviasi dari Kompetensi Inti dalam kurikulum. Jika awal mula pemberlakuan K13 semua mata pelajaran memiliki 4 KI yaitu KI 1 (aspek spiritual), KI 2 (aspek sosial), KI 3 (aspek pengetahuan), dan KI 4 (aspek keterampilan). Nah, untuk K13 revisi terbaru ini yang memiliki KI 1 dan KI 2 yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama, dan PPKn. Sedangkan mata pelajaran yang lain, hanya memiliki KI 3 dan KI 4. Termasuk dalam hal ini yaitu mata pelajaran pemrograman berorientasi Obyek RPL.

Sedangkan KD atau abreviasi dari Kompetensi Dasar memuat informasi wacana apa saja yang harus dipelajari oleh siswa RPL SMK. Khususnya mulai dari yang dasar hingga lanjut. Harapan pemerintah sangat besar, yaitu benar-benar membekali siswa untuk terjun ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU DI).

1. KI Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa mata pelajaran PBO Sekolah Menengah kejuruan RPL hanya memiliki 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Berikut ini KI PBO K13 Revisi Sekolah Menengah kejuruan RPL.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI KD mapel Pemrograman Berorientasi Obyek RPL Sekolah Menengah kejuruan 20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi

2. KD Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK

Kompetensi Dasar PBO Sekolah Menengah kejuruan jurusan RPL terdiri dari banyak materi, yaitu mulai dari konsep pemrograman berorientas Obyek, hingga aplikasi berbasis MVC. Yang jelas, ada 2 jenis KD yang harus disampaikan, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Bisa anda lihat di bawah ini.

Antara KD pengetahuan dan KD keterampilan tidak jauh berbeda, alasannya yaitu memang satu materi. Hanya saja, ada yang pengetahuan, dan ada yang keterampilan. Makara sesudah siswa tahu, sesudah itu diterapkan atau diaplikasikan dalam sebuah keterampilan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak KD PBO Sekolah Menengah kejuruan RPL K13 Revisi berikut ini.

3.1 Memahami konsep pemrograman berorientasi Obyek
4.1 Mempresentasikan konsep pemrograman berorientasi Obyek
3.2 Menerapkan dasar dan hukum pemrograman berorientasi Obyek
4.2 Membuat kode agenda dasar dan hukum pemrograman berorientasi Obyek
3.3 Menerapkan konsep class, method dan object
4.3 Membuat class, method dan object
3.4 Menerapkan konsep enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
4.4 Membuat kode agenda enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
3.5 Menerapkan konsep pewarisan
4.5 Membuat korelasi antara class dengan contoh pewarisan
3.6 Menerapkan konsep polymorphism dengan overloading dan overriding
4.6 Membuat kode agenda sesuai konsep polymorphism dengan overloading dan overriding
3.7 Menerapkan penggunaan package dalam aplikasi
4.7 Membuat aplikasi melalui pengelompokan class dalam package
3.8 Merancang pembuatan interface
4.8 Membuat rancangan aplikasi dengan interface
3.9 Menganalisis pemanfaatan class library
4.9 Menggunakan class library dalam memecahkan masalah
3.10 Mengevaluasi penanganan kesalahan dalam program
4.10 Memodifikasi kode agenda untuk penanganan kesalahan dalam program
3.11 Menerapkan data bentuk string dan pelbagai propertinya
4.11 Membuat kode agenda untuk mengolah data bentuk string
3.12 Menerapkan collection sebagai media penyimpanan data
4.12 Membuat kode agenda collection sebagai penyimpan data
3.13 Menerapkan operasi file dan Input Output (IO)
4.13 Membuat kode agenda untuk operasi file dan operasi Input Output
3.14 Menerapkan dasar dasar thread
4.14 Membuat aba-aba - aba-aba thread
3.15 Merancang antar muka atau User Interface (UI)
4.15 Membuat kode agenda untuk antar muka atau User Interface (UI)
3.16 Menerapkan konektifitas dalam susukan basis data
4.16 Membuat konektifitas basis data
3.17 Merancang User Interface memakai library
4.17 Mendesain User Interface memakai library
3.18 Menerapkan Obyek multimedia dalam aplikasi
4.18 Membuat aplikasi yang sanggup menampilkan gambar, audio dan video
3.19 Memahami Model Vew Controller (MVC) dalam pemrograman berorientasi Obyek
4.19 Mempresentasikan Model View Controller (MVC) dalam pemrograman berorientasi Obyek
3.20 Menerapkan aplikasi berbasis MVC dalam aplikasi dengan pelbagai hasil
4.20 Membuat aplikasi dengan Model View Controller (MVC) dengan hasil final (meta-data)

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Basis Data Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)
2. KI KD Pemodelan Perangkat Lunak Sekolah Menengah kejuruan RPL Kurikulum 2013 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) RPL Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen wacana KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Pemrograman Berorientasi Objek Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel wacana KI KD Pemrograman Berbasis Obyek (PBO) RPL Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD ARTIKEL sudah tersedia apabila anda ingin mengamankan artikel ini.