-->

20 Ki Kd Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (Pkk) Smk K13 Revisi

Download KI KD mapel produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017-2018. Melanjutkan artikel ihwal KI KD mata pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi, maka pada kali ini kami akan membagikan salah satu mata pelajaran yang di semua bidang atau kompetensi keahlian ada, yaitu produk kreatif dan kewirausahaan (PKK).

Mata pelajaran PKK sangat penting, khususnya bagi siswa SMK. Mengapa? Ya hal ini alasannya yaitu untuk meminimalisir pengangguran lulusan SMK. Dengan dibekali ilmu produk kreatif dan kewirausahaan, dibutuhkan para lulusan memiliki wawasan ihwal berwirausaha. Jadi, dibutuhkan supaya sesudah lulus, siswa Sekolah Menengah kejuruan lebih menentukan berwirausaha dibandingkan dengan melamar kerja.

Dengan siswa membuat sebuah bisnis, apapun bentuk bisnis tersebut, akan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Pengangguran di Indonesia tidak diciptakan oleh sistem pemerintahan, namun alasannya yaitu mentalitas sebagian besar masyarakat Indonesia yang lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan dari pada membuat suatu pekerjaan sendiri. Oleh alasannya yaitu itu, mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan ini sangat penting.

Dasar Hukum KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Untuk lebih mempersiapkan siswa dalam menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU DI), maka pemerintah cukup banyak merombak kurikulum mata pelajaran kewirausahaan. Hal ini terlihat dari nama mata pelajaran yang berubah dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berjulukan mapel KEWIRAUSAHAAN, menjari mata pelajaran PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN pada kurikulum 2013.

Selain itu, kalau pada KTSP mata pelajaran ini masuk dalam mata pelajaran adaptif (bersama bahasa inggris, matematika, IPA, KKPI), maka untuk kurikulum 2013 ini, mata pelajaran PKK masuk dalam kelompok C3 (Muatan Peminatan Kejuruan – Kompetensi Keahlian). Dikarenakan jenis mata pelajaran PKK sudah berubah, tentu jumlah jam yang diberlakukan juga berubah. Yang dulu 2 jam pelajaran di KTSP, kini bermetamorfosis 7 jam di kelas XI, dan 8 Jam di kelas 12. Perubahan komposisi ini tentu bukan tanpa alasan. Pemerintah ingin membuat generasi muda yang gemar berwirausaha dibandingkan bekerja ikut orang.

Untuk KI dan KD mapel produk kreatif dan kewirausahaan K13 Revisi ini mengacu pada Keputusan Dirjen Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 ihwal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Sesuai dengan nomor surat tersebut, diketahui bahwa hukum ini berlaku mulai tahun 2017, lebih tepatnya tanggal 9 Juni 2017. Jika kalian ingin tau dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kalian tidak perlu takut, alasannya yaitu kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di final artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Jika kalian belum tahu apa itu KI dan apa itu KD, maka kami sampaikan. KI dan KD merupakan pecahan dari kegiatan pemerintah untuk membuat lulusan yang berkarakter. KI itu kependekan dari Kompetensi Inti, sedangkan KD kependekan dari Kompetensi Dasar. Untuk KI KD yang kami sampaikan ini untuk disampaikan dan dipelajari oleh siswa selama 2 tahun, yaitu dari kelas XI/11 dan kelas XII/12. Untuk pembagian KD kelas XI dan XII, silahkan diadaptasi dengan lingkungan sekolah. Mari kita simak KI dan KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017 berikut ini.

1. KI Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Sebenarnya pada awal mula penerapan kurikulum 2013, mata pelajaran PKK ini memiliki 4 KI yang terdiri dari KI 1 (aspek spiritual), KI 2 (aspek sosial), KI 3 (aspek pengetahuan), dan KI 4 (aspek keterampilan). Namun, seiring banyaknya revisi, maka untuk mapel PKK hanya memiliki 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Berikut ini isi dari KI 3 dan KI 4.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi ihwal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai pecahan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI KD mapel produk kreatif dan kewirausahaan  20 KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

2. KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Untuk Kompetensi Dasar mapel PKK Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi, setidaknya ada 20 KD yang ditetapkan oleh pemerintah. 20 KD ini terbagi menjadi 2, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). KD 3 dan 4 ini saling terhubung, contohnya saja KD 3.1 dan 4.1, hanya berbeda kata depannya saja. Untuk kalimat yang belakang sama saja. Untuk lebih jelasnya, berikut KD produk kreatif dan kewirausahaan SMK.

3.1 Memahami sikap dan sikap wirausahawan
4.1 Memresentasikan sikap dan sikap wirausahawan
3.2 Menganalisis peluang perjuangan produk barang/jasa
4.2 Menentukan peluang perjuangan produk barang/jasa
3.3 Memahami hak atas kekayaan intelektual
4.3 Memresentasikan hak atas kekayaan intelektual
3.4 Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/ jasa
4.4 Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa
3.5 Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.5 Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.6 Menganalisis lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
4.6 Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7 Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa
4.7 Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8 Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.8 Membuat prototype produk barang/jasa
3.9 Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa
4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
3.10 Menganalisis perencanaan produksi massal
4.10 Membuat perencanaan produksi massal
3.11 Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
4.11 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal
3.12 Menerapkan proses produksi massal
4.12 Melakukan produksi massal
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa
3.14 Menganalisis mekanisme pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
4.15 Melakukan investigasi produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
3.16 Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif ihwal produk/jasa
4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif ihwal produk/jasa
3.17 Menentukan media promosi
4.17 Membuat media promosi menurut segmentasi pasar
3.18 Menyeleksi taktik pemasaran
4.18 Melakukan pemasaran
3.19 Menilai perkembangan usaha
4.19 Membuat skema perkembangan usaha
3.20 Menentukan standard laporan keuangan
4.20 Membuat laporan keuangan

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Siskomdig SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 (BARU)
2. KI KD Penjasorkes Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2018 BARU

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa KI KD Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 revisi ini sesuai keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen ihwal KI KD salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Produk Kreatif Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel ihwal KI KD mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia kalau ingin menyimpan artikel ini.
LihatTutupKomentar