-->

10 Ki Kd Kimia Smk Kurikulum 2013 Revisi (Terbaru)

KI KD mapel Kimia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017-2018 terbaru. Melanjutkan apa yang telah kami sebelumnya, pada kali ini kami akan membagikan artikel wacana KI dan KD mata pelajaran SMK. Nah, untuk mata pelajaran yang kami bagikan ini yaitu KI KD kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi.

Kita semua tahu, bahwa perkembangan Kurikulum 2013 mengalami aneka macam revisi semenjak diberlakukannya. Meskipun begitu, harus tetap kita apresiasi. Mengapa? Hal ini artinya pemerintah tetap memperhatikan pendidikan di Indonesia. Yang jelas, KI KD kimia yang kami sampaikan ini sesuai dengan revisi terbaru, yaitu tahun 2017.

Dasar Hukum KI KD Kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Pada tahun 2017, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan mengeluarkan aturan terkait dengan KI dan KD Sekolah Menengah kejuruan di semua bidang keahlian. Termasuk dalam hal ini yaitu mata pelajaran kimia SMK.

Terkait dengan peraturan pemerintah yang menjadi dasar aturan artikel ini yaitu Keputusan Dirjen Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Kami sudah melampirkan salinan peraturan pemerintah tersebut pada final artikel kalau masih ingin tau dengan peraturan pemerintah tersebut. Yang jelas, kalau kita cermati, peraturan tersebut ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah mulai pada tanggal 9 Juni 2017. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda sanggup mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi

Bagi yang berguru wacana kurikulum, kita tentu akan dibentuk galau dengan adanya istilah KI dan KD yang ada pada aturan pemerintah ini. Jadi, KI merupakan akronim dari Kompetensi Inti, sedangkan KD merupakan akronim dari Kompetensi Dasar. Lantas, apa perbedaan antara KI dan KD? KI lebih menekankan pada aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan secara umum. Sedangkan KD menekankan pada materi bimbing yang akan diajarkan.

Ada 4 Kompetensi Inti (KI) yang ditetapkan oleh pemerintah, mulai dari KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. KI 1 menekankan aspek spiritual, KI 2 menekankan aspek sosial, KI 3 menekankan aspek pengetahuan, dan KI 4 menekankan aspek keterampilan. Mata pelajaran kimia mempunyai KI 1 dan KI 2 pada awal pemberlakuan kurikulum 2013. Namun, untuk K13 revisi, KI 1 dan KI 2 diberikan kepada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Sedangkan untuk kompetensi dasar memuat aspek pengetahuan (kode : 3) dan aspek keterampikan (kode : 4). Kompetensi dasar ini sudah mengalami banyak perubahan kalau kita menengok pada KTSP. Namun, harus tetap kita kembangkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

1. KI Kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017

Mata pelajaran kimia Sekolah Menengah kejuruan pada Kurikulum 2013 hanya mempunyai KI 3 dan KI 4. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ialah KI 3 dan KI 4 mapel kimia SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan persoalan sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menyebabkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

Melanjutkan apa yang telah kami sebelumnya 10 KI KD KIMIA Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (TERBARU)

2. KD Kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi 2017

Sedangkan KD atau kompetensi dasar kimia terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori pengetahuan dan kategori keterampilan. Anda sanggup membandingkan 2 kategori tersebut dengan cara melihat isyarat KD, yang awalnya angka 3 menujukkan pengetahuan, sedakan yang awalnya angka 4 mengatakan keterampilan. Berikut ini KD Kimia Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi.

3.1 Memahami kiprah kimia dalam kehidupan
4.1 Menunjukkan perbedaan perubahan materi dan pemisahan adonan melalui praktikum
3.2 Menganalisis struktur atom menurut konfigurasi elektron untuk memilih letak unsur dalam tabel periodik
4.2 Menentukan letak unsur dalam tabel periodik pada struktur atom dengan memakai konfigurasi elektron
3.3 Menganalisis proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi
4.3 Menyajikan pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam yang terjadi pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
3.4 Memahami konsep massa molekul relatif dan konsep mol
4.4 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep massa molekul relatif dan konsep mol
3.5 Memahami Hukum-hukum dasar dan persamaan kimia
4.5 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum-hukum dasar dan persamaan kimia
3.6 Menganalisis struktur, sifat senyawa hidrokarbon (ALKENA )
4.6 Menyajikan hasil identifikasi senyawa hidrokarbon (ALKENA) yang terdapat dalam kehidupan sehari hari
3.7 Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
4.7 Mengintegrasikan antara struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer dengan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari
3.8 Mengevaluasi sifat larutan menurut konsep asam basa dan pH larutan
4.8 Menyajikan tabel hasil percobaan asam basa dengan memakai indikator universal, kertas lakmus dan indikator alam
3.9 Menganalisis tanda-tanda proses penyepuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi
4.9 mengajukan ide/gagasan untuk mengatasi proses korosi menurut faktor- faktor yang mempengaruhinya pada  kehidupan sehari hari melalui percobaan yang dilakukan
3.10  Menganalisis manfaat dan kerugian Radiokimia dalam kehidupan sehari – hari
4.10  Mengajukan gagasan untuk mengatasi dampak negatif dari Radiokimia

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Fisika Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (2018)
2. 10 KI KD Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Kimia  Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 revisi  ini sesuai keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen wacana KI KD salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD KIMIA Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel wacana KI KD Kimia SMK/MAK kurikulum 2013 revisi tahun 2017. LINK DOWNLOAD sudah terlampir kalau anda membutuhkan artikel tersebut.
LihatTutupKomentar